Friday, October 14, 2016

10 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Tasikmalaya adalah sebuah kota di Jawa Barat yang letaknya 106 km sebelah timur kota Bandung. Walau baru ditetapkan sebagai kota pada tanggal 21 Juni 2001, namun Tasikmalaya merupakan kota dengan potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jika Anda berkesempatan ke Tasikmalaya, Anda harus mencoba beberapa tempat wisata yang paling sering dikunjungi di sana, berikut 10 tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib dikunjungi:

1. Pemandian Air Panas Ciawi



Jika Anda menuju Tasikmalaya dari Bandung, dari pertigaan Nagreg Anda bisa mengambil rute Ciawi. Di dalam perjalanannya Anda akan melewati Pemandian Air Panas Ciawi. Tempat pemandian ini tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda ingin singgah saat dalam perjalanan. Ada dua kolam, air dingin dan air panas yang bisa Anda temukan di tiap bilik kamar mandinya. Tak lupa juga ada restoran di sepanjang jalan yang bisa memuaskan dahaga kuliner Anda setelah lelah berendam di air panas.

2. Gunung Galunggung


Kawah dan juga pemandian air panas di Gunung Galunggung merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Tasikmalaya. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi di Tasikmalaya dan setelah tahun 1982, Gunung Galunggung menjadi tempat wisata yang menyediakan pemandangan alam seperti danau, kolam renang, kolam rendam dan bak pemandian air panas.

3. Pantai Selatan Cipatujah


Siapa sangka, kawasan pesisir selatan kabupaten Tasikmalaya memiliki pantai yang bagus dan eksotis. Pantai tersebut adalah Pantai Selatan Cipatujah, kawasan wisata pantai yang harus Anda kunjungi jika Anda ingin menjelajahi Tasikmalaya. Untuk bisa mencapai pantai ini sendiri, Anda harus melewati Kawalu, Sukarata, lalu Cibalong dan Karang Nunggal. Di kawasan ini, ada juga pantai yang letaknya berdekatan seperti pantai Sindang Kerta, Pamayang, Batu Pacakop dan Batu Karas.

4. Kampung Naga


Jika Anda penasaran dengan bagaimana sisi tradisional yang ada di Tasikmalaya, Anda bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kampung Naga. Ini adalah sebuah desa yang masih tradisional dan memegang adat istiadat serta mempertahankan kebudayaan leluhurnya. Mulai dari bangunan hingga gaya hidup yang dianut oleh masyarakat di kampung ini masih sangat tradisional. Untuk bisa mencapai kampung ini Anda bisa melewati jalur utama Garut dan Tasikmalaya.

5. Situ Gede


Situ memiliki arti sebuah danau alam, lantas Situ Gede artinya danau besar. Dengan luas sekitar 47 hektar, danau ini merupakan salah satu ikon untuk wisata kota Tasikmalaya. Banyak fasilitas hiburan yang di danau ini seperti jogging track, wahana rekreasi, area memancing, tempat untuk berperahu bahkan hingga tempat untuk meeting bisa Anda nikmati di Situ Gede ini. Kawasan Situ Gede paling ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu.

6. Masjid Agung Manonjaya


Sekitar 12 km dari pusat kota Tasikmalaya, terdapat Masjid Agung yang juga sering dikunjungi oleh pendatang yang ingin mengenal lebih jauh tentang kota Tasikmalaya. Masjid ini dipercaya sudah dibangun sejak tahun 1832, saat itu masih jaman Kerajaan Sukapura pada kepemimpinan Raden Tumenggung Danuningrat, yang merupakan awal mula berdirinya Tasikmalaya.

7. Teejay Waterpark


Waterpark ini adalah wahana air paling baru yang lokasinya ada di komplek Asia Plaza di Jalan Hz Mustofa. Dengan luas sekitar 28 hektar, banyak sekali fasilitas yang disediakan seperti kolam ombak, kolam arus, gazebo, tube slider dan juga food court. Dengan harga tiket masuk sekitar 20.000 Rupiah pada weekday dan 30.000 Rupiah pada weekend, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di wahana ini.

8. Wahana Air Taman Mangkubumi Indah


Di kawasan Wahana Air Taman Mangkubumi Indah ini tidak hanya tersedia kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa, namun juga berbagai wahana dengan suasana alami lainnya. Hanya di wahana air ini Anda bisa merasakan sensasi berenang dengan suasana perbukitan yang sejuk. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti hotel, wahana flying fox yang menantang, sepeda air, gazebo, hingga panggung hiburan dan juga gedung yang disediakan khusus untuk meeting.

9. Water Splash Indihiang


Ternyata di Tasikmalaya ini banyak sekali waterpark atau wahana air yang menarik untuk dikunjungi. Jika bosan dengan waterpark yang satu, Anda bisa mencoba mengunjungi waterpark yang lain, salah satunya adalah Water Splash Indihiang yang terletak di Jalan Brigjen Wasita Kusuma, Indihiang.
Waterpark ini sudah berdiri sejak tahun 2009 dan dilengkapi dengan wahana seperti kolam arus, kolam khusus balita, whirl pool, gazebo, wahana flying fox, permainan trampolin, ember tumpah, dan juga food court. Ada juga wahana yang memacu adrenalin seperti ATV dan juga point ball yang bisa Anda nikmati bersama keluarga tercinta.

10. Waterboom Maarif Garden


Awalnya, wahana ini didirikan untuk wisata keluarga. Berdiri sejak tahun 2008 tepatnya pada bulan Agustus, Waterboom Maarif Garden menyediakan banyak sekali wahana yang bisa Anda nikmati bersama dengan putra-putri tercinta, di antaranya kolam renang, waterboom, wahana flying fox, wahana bola gelo, berkeliling dengan becak mini, terapi ikan atau fish spa, saung untuk istirahat hingga jajaran kuliner Tasikmalaya yang patut dicoba.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.