Friday, October 14, 2016

10 Pantai di Gunungkidul, Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bicara tentang Jogja pasti tak lepas dengan wisata budaya, karena Jogja memiliki banyak bangunan tua bersejarah yang eksotis. Tetapi siapa sangka kota yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit para turis ini juga memiliki banyak pantai yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi Anda yang sudah menyiapkan hari khusus untuk berlibur di Jogja bersama keluarga atau kawan tercinta. 10 pantai di Gunungkidul, Jogja tersebut antara lain:

1. Pantai Baron


Pantai Baron terletak di kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke Pantai Baron ini nanti Anda akan diminta membayar sebesar 5000 Rupiah dan biaya parkir untuk mobil atau motor sebesar 1000 sampai 2500 Rupiah. Panorama yang masih alami merupakan salah satu keunggulan dari pantai ini
Para pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. Tidak perlu khawatir terseret ombak, karena pihak pengelola sudah memberikan pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang masih aman dikunjungi. Ombak di pantai ini yang cukup menantang juga digemari oleh para peselencar.

2. Pantai Drini


Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang istimewa dari Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah-tengah pantai. keberadaan pulau kecil ini seolah membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.
Di sisi timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh bak benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan pulau karang, airnya yang lebih tenang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Sedangkan di sisi barat, Anda bisa melihat jajaran perahu bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak yang besar membuat perairan di barat ini terlihat lebih ganas.

3. Pantai Sadranan


Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling.
Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

4. Pantai Ngobaran



Pantai Ngobaran merupakan pantai yang memiliki kisah mistis yang kental. Kisah mistis tersebut menceritakan tentang Prabu Brawijaya V. Pantai ini rutin digunakan sebagai lokasi upacara adat masyarakat sekitar.
Beberapa spot menarik yang dapat dinikmati di Pantai Ngobaran adalah Bukit Karang, Candi Pemujaan, dan Patung Dewa. Apabila Anda hendak mengunjungi pantai ini, ada satu tempat wisata kuliner yang wajib Anda coba, yaitu “landak goreng”. Landak Goreng di Pantai Ngobaran sudah sangat tersohor sebagai kuliner andalan.

5. Pantai Siung


Pantai Siung merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang memiliki medan untuk wisata panjat tebing. Di pantai ini Anda akan disuguhi pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh di sisi timur dan barat pantai.
Hingga saat ini Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan Pantai ini mendapat julukan sebagai “the best rock climbing site in Jogja”. Pantai Siung adalah pantai yang sangat tepat untuk moncoba sensasi mendaki. Dari atas bebatuan karang yang kokoh ini Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas yang lain dari biasannya.

6. Pantai Kesirat


Berbeda dengan pantai di kawasan Gunung Kidul lainnya, Pantai Kesirat adalah pantai yang tidak memiliki keindahan pasir putih yang memukau. Keindahan Pantai Kesirat berupa tebing karang yang kokoh dan suara deburan ombak kencang yang menghantam sisi karang.
Bagi Anda yang ingin berkemping, sangat cocok untuk datang ke pantai ini karena pantai ini tidak terlalu padat dan sangat bersih. Anda dapat menikmati jingga senja sembari bercengkrama dengan kawan-kawan tercinta.

7. Pantai Jogan


Ingin menikmati keindahan air terjun yang berada di tepi pantai? Datang ke Pantai Jogan adalah pilihan yang paling tepat. Sama seperti Pantai Banyu Tibo di Pacitan, Pantai Jogan adalah sebuah pantai yang memiliki air terjun sangat indah.
Pantai Jogan memiliki tebing-tebing menjulang khas pegunungan kapur, Air terjun yang terdapat di pantai ini jatuh dari atas tebing langsung menuju laut. Di sini, selain menikmati indahnya pantai dan deburan ombak. Anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar. Meskipun memiliki keindahan yang unik, sayangnya pantai ini sering luput oleh perhatian para wisatawan.

8. Pantai Krakal


Selain Pantai Baron, Pantai Krakal adalah salah satu tempat wisata pantai yang terkenal di Gunungkidul. Pantai Krakal memiliki pasir putih yang indah dan batuan karang yang membingkai bibir pantai. Untuk merilekskan pikiran, Anda bisa berjalan menyusuri pantai bertelanjang kaki sambil menikmati deburan ombak yang merdu.
Batuan karang yang membingkai bibir Pantai Krakal adalah rumah bagi para biota laut seperti Ikan damselfish, butterfly fish, bintang laut, dan ikan-ikan lainnya. Bagi Anda yang gemar menaklukan ombak dapat mencoba berselancar di Pantai Krakal, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang dengan spot selancar yang cukup beragam.

9. Pantai Indrayanti


Sebenarnya saat ini Pantai Indrayanti lebih dikenal dengan nama Pantai Pulsa atau Pulang Sawal. Hal ini karena nama Indrayanti sendiri sebelumnya telah menuai kontroversi. Pantai Indrayanti tampak lebih bersih dan terawat, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar kota Jogja.
Bagi Anda pecinta olahraga air dapat mencoba permainan jet ski yang telah disediakan di sana, sedangkan bagi Anda yang ingin suasana lebih santai dapat menikmati senja di gazebo pantai ini, atau berjalan menyusuri bukit karang untuk menyaksikan keindahan Samudra Hindia.

10. Pantai Glagah


Dibandingkan dengan pantai di Jogja lainnya, Pantai Glagah terbilang unik karena memiliki permukaan tanah yang cukup datar dan landai. Selain hamparan pasir putih yang cantik, anda juga bakal dimanjakan dengan indahnya bukit karang yang berdiri kokoh di daerah pesisir.
Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Glagah, seperti misalnya wisata air dan tentu saja yang utama adalah menikmati pemandangan alami yang tersedia di tempat wisata ini. Salah satu keunikan pantai ini yang tersohor adalah laguna yang berada sekitar 300 meter dari dermaga. Laguna di Pantai Glagah tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.